Pages

Ads 468x60px

Kamis, 23 Mei 2013

Makalah Matematika



BAB I
PENDAHULUAN

1.1             Latar belakang masalah
Matematika merupakan salah satu pelajaran pokok yang di ujikan dalam  Ujian Nasional untuk itu matematika salah satu mata pelajaran yang wajib di pelajari, dan matematika merupakan permasalahan dunia sehingga matematika tidak  hanya berkaitan dengan angka .Untuk itu banyak sekali bidang kajian yang di pelajari di program  studi matematika, bagi anda yang ingin melatih daya nalar dan kemampuan mengalisa, program studi ini media yang tepat untuk mengembangkan diri, melalui program  studi ini, anda juga akan mengetahui manfaat matematika dalam kehidupan sehari- hari misaya masalah- masalah yang bebrkaitan dengan telekomukasi asuransi dan perbankan, keuangan dan pengkodean, kendali, stabilisasi, optimisasi dll.
Memang pelajaran matematika  di anggap sebagian sebagian siswa sebagai pelajaran yang sangat sulit, bahkan  kadang ada yang membenci  pelajaran matematika. Untuk itu sebagian orang matematika  untuk itu sebagian  orang  matematika di anggap sebagi musuh yang sulit di takhlukkan  sehingga para pelajar yang membenci pelajaran matematika ini sebagian mendapat  nilai di bawah KKM, namun dengan adanya kesadaran guru pelajaran matematika di MAN (_________) ini menggunaka Remidial untuk memberikan perbaikan nilai siswa di bawah KKM
Namun tidak semua siswa membenci pelajaran matematika  bahkan ada yang menyukai terhadap pelajaran ini hingga mengibaratkan  sehari tanpa matematika dunia secara sunyi tak berpenghuni karena mereka menganggap rumus- rumus itu adalah
Nyanyian dan mereka bangga sehingga tidak heran jiaka siswa yang menyukai pelajaran ini mampu memperoleh nilai di atas KKM

1.2             Rumusan masalah
Masalah yang terjadi dapat di rumuskan sebagai berikut :
1. Apa sebabnya siswa kelas xc pada pelajaran  matematika ini mendapatkan di bawah  KKM?
2. Apa sebabnya siswa kelas xc pada pelajaran  matematika ini mendapatkan di atas  KKM?

1.3             Tujuan penelitian
                  Penelitian ini bertujuan untuk :
2.      Mengetahui Penyebab siswa kelas XC pada pelajaran  matematika ini mendapatkan di bawah  KKM?

1.4             Rancangan masalah
Penelitian ini menggunakan data dengan metode wawancara  dengan guru yang sesuai bidang studi, dan data yang valid dari petugas TU MAN (_________).

1.5     Data
Hasil yang di peroleh dari penelitian ini berupa:
1.      Daftar nilai kognitif
2.      Daftar nilai psikomotorik
3.   Daftar nilai afektif
4.      Hasil wawancara



















BAB II
KAJIAN TEORI

Matematika berasal dari bahasa yunani kuno yang berarti pengkajian, pembelajaran ilmu yang ruang lingkupnya menyempit dari arti teknisnya  menjadi  “pengkajian  matematika , bahkan demikian juga pada jaman kuno. Matematika meliputi,  studi besaran , struktur ruang dan perubahan, dan matematikawan mencari pola, merumuskan  konjektur baru dan membangun kebenaran melalui metode deduksi yang kaku dari aksloma – aksloma dan definisi- definisi  yang bersesuaian.
Melalui penggunaan penalaran logika dan abstraksi, matematika berkembang dari pencacahan perhitungan pengukuran dan pengkajian sistematis terhadap bangun dan lpergerakan  manusia semenjak adanya rekaman tertulis . Argumentasi kaku pertama muncul di dalam matematika Yunani, matematika selalu berkembang  misalnya  di cina pada tahun 300 SM di India pada tahun 100 M dan di arap pada tahun 800 M . Sekarang matematika dapat di gunakan di seluruh dunia sebagai alat penting di berbagai bidang, termasuk ilmu alam, teknik kedokteran/ medis dan ilmu sosial seperti ilmu ekonomi dan psikologi.
Definisi matematika menurut  para matematikawan sebagai berikut:
1.      Carl Friedrich gauss mengatakan  matematika sebagai Ratunya il mu pengetahuan”, di dalm bahasa aslinya latin” regina scientiarum, jugadi dalam bahasa jerman konighnder Wissentiarum, juga di dalam bahas a  jerman konighnder wissenschaften, kata yang  bersesuaian dengan  ilmu pengetahuan, berarti (lapangan) penegetahuan, Jelas inipun arti asli di dalam bahasa inggris dan tiada keraguan bahwa pengkhukusan yang mempersempit makna menjadi ilmu pengetahuan alam adalah dimasa terkemudian. Bila seseorang memandang ilmu pengetahuan hanya terbatas pada dunia fisika maka matematika sekurang- kurangnya matematika murni , bukan ilmu Pengetahuan.
2.      Albert Einstein mmenyatakan bahwa “ Sejauh hukum- hokum matematika merujuk pada kenyataan “ maka mereka tidaklah pasti dan sejauh mereka pasti  mereka tidak merujuk kepada kenyataan.
3.      Karl Popper menyimpulkan bahwa, sebagian besar teori matematika seperti halnya fisikA dan biolgi adalah hipotis, deduktife, oleh karena itu matematika menjadi lebih dekan dengan ilmu pengetahuan alam hipotetis, hiippotisnya adalah konjekture (dugaan) lebih dari sebagai hal yang baru
4.      Benjamin poirce menyebutkan matematika sebagai “ ilmu yang menggambarkan simpulan – simpulan yang penting

Pendapat- pendapat para matemikawan terhadap matematika sebagai ilmu pengetahuan ini adalah beraneka ragam .Banyak matematikawan merasa bahwa untuk menyebut wilayah mereka sebagai ilmu pengetahuansama saja dengan menurunkan kadar kepentingan sisi estetikanya dan sejarahnya di dalam tujuh seni liberal tradisional yang lainya merasa bahwa pengabdian pranata ini dengan ilmu pengetahuan sama saja dengan memutar- memutar mata yang buta terhadap fakta bahwa antar muka antar matematika dan penerapanya di dalam ilmu pengetahuan dan rekayasa telah  mengemudikan  banyak pengembangan di dalam matematika. Namun banyak filosof yakin bahwa matematika tidaklah terpalsukan berdasarkan percobaan dan dengan demikian bukanlah kilmu pengetahuan perdefinisi:

Bidang- bidang matematika terdiri dari :
1.      Besaran
Pengkaajian besaran di mulai dengan bilangan , pertama bilangan asli dan bilangan bulat dan loperasi aritmatika di ruang bilangan itu.
2.      Ruang
Pengkajian ruang bermula pada kajian geometri: khususnya geometri euloid
3.      Perubahan
Memahami dan menjelaskan perubahan adalah tema biasa di dalam kilmu Apengetahuan alam , dan kalkulus telah berkembang sebagai alat yang penuh daya untuk menyelidikinya
. Fungsi- fungsi muncul di sini sebagaikonsep penting untuk menjelaskanbesaran yang berubah
4.      Struktur
Banyak objek matematika semisal  bilangan  dan fungsi, memamerkan struktur bagian dalam









BAB III
PEMBAHASAN HASIL PENELITIAN

3.1 Nilai  kognitif mata pelajaran  Matematika

Tabel 1
Daftar Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat Terlihat  dalam Table Berikut:

NO
NAMA SISWA
NILAI
1
Adi Chandra
69
2

70
3

72
4

72
5

72
6

72
7

70
8

70
9

69
10

70
11

70
12

70
13

70
14

70
15

70
16

70
17

71
18

70
19

70
20

70
21

70
22

72
23

70
24

70
25

70
26

70
27

70
28

70
29

70
30

69
31

70
32

70

3.2  Nilai  Psikomtorik Mata Pelajaran  Matematika

Tabel 2
Daftar Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat Terlihat  dalam Table Berikut:

NO

NILAI
1

69
2

70
3

70
4

70
5

70
6

71
7

70
8

70
9

70
10

70
11

69
12

70
13

70
14

72
15

70
16

70
17

70
18

70
19

70
20

70
21

70
22

72
23

70
24

70
25

70
26

70
27

71
28

70
29

70
30

70
31

70
32

70

3.3  Nilai  Afektif  Mata Pelajaran  Matematika

Tabel 3
Daftar Nilai Matematika Kelas XC Semester 1 Dapat Terlihat  dalam Table Berikut:

NO

NILAI
1

B
2

B
3

B
4

B
5

B
6

B
7

B
8

B
9

B
10

B
11

B
12

B
13

B
14

B
15

B
16

B
17

B
18

B
19

B
20

B
21

B
22

B
23

B
24

B
25

B
26

B
27

B
28

B
29

B
30

B
31

B
32

B

3.4.  Hasil wawancara
            Prestasi siswa aliyah negeri (_________) mata pelajaran matematika dari  tahun ke tahun mengalami pasang surut , ada siswa yang mendapat nilai di atas KKM dan ada pula siswa yang mendapat nilai di bawah KKM, namun bagi siswa yang mendapat nilai di bawah KKM  selalu di beri tugas dan di adakan remidi untuk penambahan niai agar siswa tersebut mampu mencapai nilai sesuai standarisasi KKM.
Walau sebenarnya ada nilai di bawah KKM namunn ada catatan guru nilai tersebut sudah di akumulasi dan di tambah dengan nilai remidi sehingga dalam daftar nilai tidak ada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM, bagi siswa yang pandai cukup bangga dengan nilai yang di  capai sehingga siswa tersebut tidak perlku mngadakan remidi.

3.5  Penyebab siswa memperoleh nilai di bawah dan dengan atas  KKM
3.5.2.  Kelemahan siswa yang mendapat nilai di bawah KKM
Bagi siwa yang kurang minat atau tidak bisa dengan pelajaran matematika sering sekali mendapat nilai di bawah KKM , namunn dengan adanya remidi dan tugas tambahan dari guru siswa tersebut mampu menutup nilai kekurangan itu, karena remidi dan tugas tambahan itu adalah suasana yang di lakukan guru agar siswa tersebut mendapat nilai tambahan dan mampu menambah kekurangan nilai tersebut. Sehingga dalam catatan daftar nilai tidak ada istilah siswa mendapat nilai di bawah KKN.

3.5.2. Keunggulan siswa yang mendapat  nilai di atas KKM
        Sebagian siswa mampu memperoleh nilai di atas KKM siswa ini rajin dan memiliki kelebihan dalam pelajaran matematika ini. Siswa tersebut juga sangat senang bahkan  senang sekali terhadap manta pelajaran matematika, takhenti- hentinya  mencoba mengerjakan  mengerjakan latihan- latihan soal sampai siswa ini benar- benar mampu mengerjakan  soal yang di hadapinya ketelatenan dan keuletan siswa ini mampu menempuh nilai hingga di atas KKM. Di  waktu senggangpun siswa ini menyisakan waktu  senggangnya untuk mencoba  soal- soal dan pada waktu  pelajaran siswa  ini aktif bertanya yang belum di mengerti  dan selalu aktif mengerjakan soal- soal yang di sajikan . Tak heran jika nilai tersebut berhasil mencapai nilai tinggi mencapai di atas KKM
BAB IV
PENUTUP

4.1 Kesimpulan
            Dalam pelajaran matematika sebagian  siswa ada yang mendapat nilai  di bawah nilai KKM itu di sebabkan karena adanya faktor  kurang minat dan sulitnya pelajaran matematika. Namun adanya remidi dan tugas dari guru  siwa tersebut mampu   menutupi nilai nilai kekurangan itu  karena remidi dan tugas  dari guru siswa  tersebut mampu menutupi nilai  kekurangan itu karena remidi  dan tugas tambahan itu  tambahan itu adalah  csarana yang di lakukan guru agar  siswa tersebut   mendapat nilai tambahan  dan mampu menambah kekurangan nilai tersebut . Sehingga  dalam catatan  daftar nilai tidak ada istilah siswa mendapat nilai  di bawah KKM.
            Namun bagi siswa  yang aktif dan rajin sebagian siswa ini bahkan mampu memperoleh  nilai  di atas KKM, Dalam pelajaran Matematika ini dan juga faktor lain di karenakan siswa ini juga senang terhadap pelajaran matematika. Siswa ini tak henti- hentinya mencoba sampai benar- benar bisa  dan mengerti terhadap soal soal yang di sajikan. Ketelatenan dan ketelitian siswa ini mampu menempuh nilai hingga di atas KKM. Bahkan di waktu senggang siswa ini mampu mengerjakan soal dan waktu pelajaran berlangsung siswa ini aktif bertanya yang belum dimengerti. Maka tak heran jika siswa tersebut berhasil mencapai nilai tinggi.

4.2   Saran
Mengingat pentingnya pelajaran Matematika karena Mtematika termasuk pelajaran yang di ujikan dalam  Ujian Nasional untuk  itu penulis menyarankan bagi mereka yang mendapat nilai di bawah KKM untuk:
1.      Siswa harus rajin berlatih berhitung agar mendapat nilai yang maksimal.
2.      Berlatih mengerjakan soal-soal.
3.      Selalu aktif dalam pembelajaran Matematika.
4.      Mengerjakan tugas yang di berikan dan rajin belajar.
Karena kita tidak ada ruginya dalam belajar Matematika dan juga untuk mendapatkan nilai yang kita inginkan  dan juga jika kita mau berlatih dan berusaha  semua kata sulit  itu bisa di atasi, tingkatan prestasi dan belajar andadalam pelajaran matematika.

0 komentar:

Poskan Komentar